7/14/2009

PE.07

Salah satu ruang kelas yang akan slalu saya ingat slama berkuliah di fakultas ekonomi UI salemba; dengan atap yang menjulang tinggi, tembok yang bernuansa sephia, jendela yang besar dan lantai yang masih beralaskan ubin batu berwarna abu (seperti lantai rumah jaman dahulu), menjadikannya tampak begitu klasik sekaligus megah.

Hari ini saya kembali merasakan suasana kelabu, seperti ketika saat ayah ibu kita atau saat soe hoek gie sedang berjalan bolak-balik disepanjang koridor memasuki bilik satu ke bilik lainnya. terkadang jika kau sedikit melamun maka potret masa itu tampak kembali hidup, coba saja datang dan duduk dengan manis sambil memejamkan mata di lobby FK UI! lihat siapa saja yang sedang mondar-mandir turun-naik tangga sambil membawa buku dengan pakaian merenda masa itu, rok panjang yang melebar dan celana cutbray, rambut klinis disisir kesamping atau diberai kebelakang, eighties banged itu yak! enggak juga sih seventies juga gitu koq. ya bgitulah pokoknya..

Entah, tapi hari ini saya seperti mendapatkan suasana yang berbeda, saya belum pernah mngalami sbelumnya walaupun sudah setahun bolak-balik digedung ini. bayang2 itu kembali hidup, saya terbaur dalam suasana penuh kenangan.
Terimakasih untuk bapak slamet wibowo & teman-teman di kelas sistem informasi akuntansi hari ini yang menghidupkan visi khayal saya. yang pasti dikelas PE.07 tadi saya merasa sangat nyaman berinteraksi spnjang pelajaran dengan kapasitas yang cuma berapa belas siswa/i (mungkin karena sepi juga kali yaa sehingga suasana akrab mudah terbentuk), sangat hidup sekali kelas hari ini! hidup bukan karena sedikitnya siswa namun karena suasana hangat yang mengalir & menyatu kesetiap benda didalam ruang & individu didalamnya sehingga menjadikannya segalanya tampak hidup.

Semoga bangunan bersejarah ini tetap lestari.. walaupun UI bertransformasi menjadi modern, tapi bangunan ini tidak, biarkan menjadi museum ditengah pusat kota jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar