11/19/2013

Dosa-dosa besar dalam Quran & Hadits

Sebagai umat muslimin yang beriman kita wajib tahu dan selalu ingat akan dosa-dosa besar yang dapat menjerumuskan kita ke dalam NERAKA jahanam yang kekal! Apa sajakah itu?

Allah subhanahu wa ta'ala berfirman dalam kitabnya Al-Quran perihal 10 dosar besar, sebagai berikut;
1. Syirik,
2. Berputus asa dalam mendapat rahmat Allah,
3. Merasa aman dari ancaman Allah,
4. Durhaka kepada dua orang tua,
5. Membunuh,
6. Menuduh wanita baik2 membuat zina,
7. Memakan riba,
8. Berzina,
9. Memakan harta anak yatim,
10.Lari dari pertempuran perang.

Dalil pendukungnya:
- "Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya". (An Nisaa: 48).
- "Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah, melainkan kaum yang kafir".(Yusuf: 87).
- "Dan barangsiapa yang membunuh seorang mu'min dengan sengaja, maka balasannya ialah Jahannam, kekal ia di dalamnya". (An Nisaa: 93).
- "Sesungguhnya orang-orang yang menuduh wanita-wanita yang baik-baik, yang lengah lagi beriman (berbuat zina), mereka kena la'nat di dunia dan akhirat, dan bagi mereka azab yang besar". (An Nuur: 23)
- "Orang-orang yang makan (mengambil) riba tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan syaitan lantaran (tekanan) penyakit gila". (Al Baqarah: 275)
- "Barangsiapa yang membelakangi mereka (mundur) di waktu itu, kecuali berbelok untuk (siasat) perang atau hendak menggabungkan diri dengan pasukan yang lain, maka sesungguhnya orang itu kembali dengan membawa kemurkaan dari Allah, dan tempatnya ialah neraka Jahannam. Dan amat buruklah tempat kembalinya". (Al Anfaal: 16)
- "Sesungguhnya orang-orang yang memakan harta anak yatim secara zalim, sebenarnya mereka itu menelan api sepenuh perutnya dan mereka akan masuk ke dalam api yang menyala-nyala (neraka)". (An Nisaa: 10)
- "Barangsiapa yang melakukan demikian (zina) itu, niscaya dia mendapat (pembalasan) dosa (nya), (yakni) akan dilipat gandakan azab untuknya pada hari kiamat dan dia akan kekal dalam azab itu". (Al Furqaan: 68-69)
-----------------------------------------------------------------------------
Demikian juga dalam sebuah majelis ilmunya, Rasulullah shollalahu 'alahi wa sallam bersabda, “Jauhilah 7 dosa besar yang akan menjerumuskan pelakunya ke dalam neraka.” Para sahabat bertanya, “Wahai Rasulullah, apa saja dosa-dosa tersebut?” Kemudian Beliau (Rasulullah) mengatakan;
1. Menyekutukan Allah,
2. Sihir,
3. Membunuh jiwa yang diharamkan oleh Allah kecuali dengan alasan yang dibenarkan,
4. Memakan harta anak yatim,
5. Memakan riba,
6. Melarikan diri dari medan peperangan,
7. Menuduh wanita yang menjaga kehormatannya lagi (bahwa ia dituduh berzina).”
(HR. Bukhari no. 2766 dan Muslim no. 89)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar