3/13/2014

Surga bagi orang-orang yang rajin berpuasa

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ.الرَّحِيْم
.

Berhubung hari ini hari kamis, hari disaat kaum muslimin di dunia banyak yang menjalankan ibadah sunnah puasa, yakni puasa senin-kamis. Ada rahasia dibaliknya yang perlu kita ketahui bukan sekedar mengamalkannya, apalagi ada motivasi diet didalamnya اَسْتَغْفِرُ اللهَ ini nih yg bahaya! Semoga kita dijauhkan dari niat duniawi tersebut, niat puasa semata2 karena menjemput ridho Alloh.

Pertama kita bahas dalilnya dulu:
1. Dari Ummul mukminin Aisyah rodhiallahu'anha, “Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam memperbanyak puasa pada hari Senin & Kamis.” (HR. Al-Tirmidzi, Al-Nasi dan Ibnu Majah. Hadits ini dishahihkan Al-Albani)
2. Kemudian ketika Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam ditanya tentang puasa hari Senin-Kamis, beliau menjawab, “Keduanya adalah hari dihadapkannya amal-amal kepada Rabbul ‘Alamin (Allah). Karenanya aku suka saat amalku dibawa kepada-Nya aku dalam keadaan berpuasa.” (HR. Al-Nasai dan dishahihkan Syaikh Al-Albani)

Dan kebetulan jg bsk memasuki tengah bulan maka ada lagi puasa sunnah selain senin-kamis diatas, yakni Ayyaamul Bidl atau hari-hari terang ketika Bulan Purnama. Disunnahkan puasa tiga hari setiap bulan, yaitu setiap tanggal 13, 14 dan 15 bulan-bulan Hijriyah.

Bulan ini (Jumadal Ula) bertepatan dengan hari Sabtu, Ahad dan Senin tanggal 15, 16 dan 17 Maret 2014.

Keutamaannya banyak, diantaranya sebagai bekal akhirat, seperti puasa sebulan (kalau dikerjakan rutin setiap bulan, seperti puasa setahun) dan baik untuk kesehatan..

Diantara Dalil-Dalilnya:
1. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa 'Ala Alihi Wa Sallam berwasiat kepada tiga orang Sahabat Beliau supaya puasa tiga hari setiap bulan, yaitu; Abu Hurairah, Abu Darda' dan Abu Dzar Radhiyallahu 'Anhum. (HR. Bukhari, Muslim, dll)
2. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa 'Ala Alihi Wa Sallam bersabda kepada Sahabat ‘Abdullah bin ‘Amr Radhiyallahu ‘Anhuma, "Dan berpuasalah tiga hari pada setiap bulan. Karena sesungguhnya kebaikan itu akan (dilipatkan) dengan sepuluh (kali) lipat. Oleh karenanya engkau seolah-olah berpuasa selama sebulan penuh.” (HR. Bukhari dan Muslim)
3. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa 'Ala Alihi Wa Sallam bersabda kepada Sahabat Abu Dzar Radhiyallahu ‘Anhu tentang pelaksanaannya, “Wahai Abu Dzar, jika engkau berpuasa tiga hari dalam setiap bulannya maka berpuasalah pada (tanggal) 13, 14 dan 15 (maksudnya bulan hijriyyah).” (HR. Tirmidzi dg sanad hasan)

Dan kabar gembira bagi kita yang senantiasa istiqomah mengerjakannya adalah:
Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda, "Surga memiliki delapan pintu. Ada pintu yang diberi nama Ar-Rayyan. Tidak ada yang memasukinya kecuali orang-orang yang rajin berpuasa saja". (HR.Bukhari:1763, Kitab:Shaum, Bab:Ar-Rayyan untuk orang yang berpuasa)

تَقَبَّلَ اللّهُ مِنَّ وَ مِنْكُمْ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar