3/06/2014

Pergerakan Islam, Harokah, Firqoh di Indonesia

Saya baru dapatkan sebuah kajian yang menurut saya bagus tentang pergerakan.

Jadi pada 2 hari yang lalu umat islam di mekkah menunaikan puncak dari ibadah haji yaitu wukuf di padang arofah. Wukuf itu artinya diam atau berdiam.

Wukuf berasal dari istilah tajwid dalam al-quran yang asal katanya adalah waqof. Waqof itu artinya diam atau berhenti.

Jadi pergerakan dalam bahasa Arab di bahasakan sebagai harkat atau dalam perjalanan pergerakan islam namanya harokat atau haraqoh.. Yang sekarang kita kenal dengan Jamaah Tabligh, Ikhwanul Muslim / PKS, Hizbut Tahrir, Salafi, FPI, Muhammadiyah, NU, dll.

Pada dasarnya Harakat dalam alquran ada 3 yaitu: fathah, kasroh dan dommah. Fathah itu artinya tinggi, meninggikan suara, kasroh artinya rendah merendahkan suara dan dommah adalah suara tinggi yang ditutup.

Nah, dalam perjalanan sebuah pergerakan haraqoh, adakalanya kita meninggikan suara lantang dalam bergerak bahkan berteriak, namun adakalanya kita merendahkan suara lemah lembut dan cenderung diam, namun dalam meninggikan suara ada dommah yang selalu menutup kelantangan suara dengan damai.

Semua akan terus bergerak seandainya tidak ada pemberhentian atau waqoh, yang ditandai dengan simbol tanwin. Sehingga mau bergerak yg bagaimanapun, kita pasti akan berada pada sebuah pemberentian, baik untuk kembali bergerak, atau berhenti hingga habis nafas..

Jadi ilmu haroki harokat adalah pengejawantahan dari isyarat dalam Al-Quran.

Pergerakan2 itu akan tetap terus bergerak. Tinggal pilihan kita mau menonton atau menjadi salah satu batu bata dalam bagunan pergerakan tersebut?

Ditulis teman menjelang lebaran haji (Idul Adha) 1434 H.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar