1/04/2014

Tulisan untuk para suami & ikhwan fillah ku

Bismillahirohmanirrohim,

Robbiis rohlii shodrii wayassirlii amrii wahlul 'uqdatan min lisaani yafqohuu qowlii.

Ada 2 hal paling basic yg wajib dipahami perihal tauhid & aqidah sebagai pondasi keislaman kita. Selain itu ada lagi yg tak kalah penting nya yg bisa menyelamatkan kita di dunia, yakni kecintaan kepada rosulullah shollallahu'alaihi wa sallam.

Perhatikan nash berikut;
1. "Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku (Rosulullah), niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu. Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (QS.Ali-Imran:31)
2. Dari ‘Auf bin Malik, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, "Ummatku benar-benar akan terpecah menjadi 73 (tujuh puluh tiga) golongan, yang satu di Surga, dan yang 72 (tujuh puluh dua) golongan di Neraka," Kemudian para sahabat bertanya, "Siapakah mereka (satu golongan yang masuk Surga itu) wahai Rasulullah?" Beliau menjawab, "Al-Jama’ah." Syaikh Muhammad Nashiruddin al-Albani mengatakan hadits ini shahih dalam Shahih Ibnu Majah II/364 No. 3226.

Dari kedua hujjah diatas, sesungguhnya kita sudah diberi petunjuk & kemudahan dlm bagaimana menjalani hidup di dunia. cukup meneladani nabi kita muhammad saw dgn benar maka kita akan selamat. bagaimana kita solat, mencari nafkah, menjadi suami, bersosialisasi, bahkan perkara detail seperti makan & berjima' (menyetubuhi istri). so simple right? tapi apakah kita sudah mempraktekkannya? sudahkah kita mengenal beliau dgn begitu dekat? Bagi yg masih jauh dari awam yuk mari kita luangkan waktu membaca sirah nabawiyah, menghadiri majelis2 ilmu, dan bagi yg sudah yuk mari sama2 saling mengingatkan & mengoreksi jika ada yg menyimpang.

Sebenernya tulisan ini bisa puaaanjaaaang gak selesai2, krn problematika umat akhir jaman khususnya di indonesia sdh sangat memprihatinkan. Tapi kita tetep harus positif & optimis krn rosulullah pernah mengatakan, "Senantiasa ada dari umatku sekelompok orang yang menegakkan kebenaran sampai datang hari kiamat." (HR. Bukhari & Muslim)

Akhir kata, furu' (cabang/ranting) dalam islam itu tak bisa dihindari terutama diakhir jaman yg penuh tipu daya (fitnah) ini, kita mengenal mazhab maliki, hanbali, hanafi, syafi'i, kita mengenal harokah salafi, ikhwanul muslim, hizbut tahrir, jamaah tabligh, FPI, dan masih banyak firqoh2 lainnya terutama di indonesia. Bukan berarti semua furu' itu sesat, seperti fiqih saja yg sarat dgn khilafiyah, ulama ini mengatakan mubah, ulama ini mengatakan haram, dll. Jadi disinilah perannya kita sebagai suami (imam) yg wajib memiliki ilmu guna menjadi perisai bagi keluarga kita.

Wallahu'alam Bisshowab. Wallahu Waliyut Taufiq Wal Hidayah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar