1/20/2014

Gambaran angan2, musibah & ajal manusia..

Rasulullah shallalahu 'alaihi wa salam sekitar 15 abad yg lalu mengajarkan ini kepada para sahabat radhiallahu'anhum, kemudian diteruskan ke generasi2 dibawahnya hingga sampai kepada kita melalui majelis ilmu.


Mengenai gambaran manusia, angan-angan, musibah, dan ajal..

Dari Abdullah r.a. berkata, "Nabi saw membuat garis bangun segi empat, lalu beliau membuat garis di tengah (yang ditarik hingga) keluar dari segi empat itu, lalu beliau juga membuat garis-garis kecil (pendek) yang berada di sisi segi empat tadi mengarah ke garis tengah. Kemudian beliau bersabda, "Ini adalah (gambaran) manusia, garis persegi panjang ini adalah ajal (batas umur) yang mengurungnya, atau sabda beliau, "Sungguh manusia dikurung oleh ajalnya". Sedangkan garis yg menonjol keluar (dari segi empat) ini adalah angan-angannya,dan garis-garis kecil (pendek) ini adalah kejadian-kejadian (musibah-musibah yg seringkali menimpanya). Jika ia terlepas dari musibah yg ini, maka diterkamlah ia oleh musibah yang ini. Jika ia terlepas lagi dari terkaman musibah yg ini, maka diterkamlah oleh musibah yg ini."
(HR. Bukhari, bab Angan-angan dan panjangnya, hadits nomor 6417)

Sungguh kita hidup di dunia ini hanya terkurung di dalam sebuah kotak, terkurung oleh ajal yang menuju pada sesuatu yang pasti yaitu kematian. Jadi jangan terlalu mengejar dunia hingga melupakan akhirat. Semoga jadi bahan renungan bersama agar menjadikan kita senantiasa mawas diri.

Wallahu'alam bisshowab..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar