5/26/2010

The Tielman Brothers, part 2

Di Surabaya, Tielman bersaudara memulai karirnya. Awalnya mereka menyanyikan lagu daerah dan tarian tradisional pada 1945 di suatu acara pesta. Pertunjukan pertama mereka tersebut sempat membuat decak kagum teman-teman ayahnya. Dengan nama The Timor Rhytm Brothers selama setengah tahun, mereka melakukan pertunjukan di kamp-kamp tentara Belanda.

Kemudian mereka menerima tawaran dari Usaha Nasional Kesejahteraan Indonesia untuk melakukan pertunjukan ke kota-kota besar di Indonesia. Mereka tetap konsisten pada pertunjukan musik dan tari. Mereka pernah juga diundang ke istana oleh presiden Soekarno, pasca pengakuan kedaulatan RI oleh Belanda. Pada 1951, Andy Tielman menciptakan lagu pertama untuk bandnya, dengan judul Guitar Boogie.

Pada 1957, keluarga Tielman meninggalkan Indonesia menuju Belanda. Pilihan ini diambil karena menurut Herman Tielman masa depan anak-anaknya akan menjadi lebih baik di negeri itu. Penampilan pertama grup ini di Belanda terjadi di Hotel de Schuur di Breda. Mereka menggunakan nama The Timor Rhytm Brothers, tetapi orang-orang menyebut mereka dengan sebutan The Four Tielman Brothers.


Ketika itu yang pentas adalah Andy, Reggy, Ponthon, dan Loulou. Formasi baku grup band ini adalah Andy (lead guitar, vocal), Reggy (rhytm guitar, vocal), Phonton (double bass, vocal), dan Loulou (drums, vocal). Namun layaknya sebuah band kebanyakan, formasi mereka sering berubah-ubah, begitupun dengan personilnya. Pada suatu waktu, Jane menjadi vokalis. Nama grup ini juga berubah-ubah, tetapi mereka populer dengan nama The Tielman Brothers. Setelah pertunjukan tersebut, perlahan-lahan nama mereka dikenal di Breda. Selain di Belanda, mereka juga pentas di Belgia dan Jerman.

Di Belgia The Four Tielman Brothers, bersama beberapa band asal Belanda lainnya, mengisi suatu acara yang diselenggarakan di Brusel, untuk meramaikan peresmian kampung Hawai. Selama 20 menit Tielman bersaudara melakukan atraksi-akrobatik musik rock n roll yang belum pernah dilakukan di Eropa, bahkan dunia, sebelumnya. Aksi Andy Tielman seperti memainkan gitar di atas bass Ponthon, memetik senar-senarnya menggunakan kaki, berguling-guling, menyayat-nyayat senar-senar gitarnya di belakang kepala dan punggung, menjadi inspirasi bagi musisi besar setelah era mereka.


Bukan hanya Andy yang melakukan atraksi, permainan gebuk drum Loulou yang bersemangat dan memukul dengan cara berputar pada drumnya, serta atraksi berguling-guling Ponthon juga menyita perhatian publik Eropa. Penampilan pertama The Tielman Brothers di Jerman berlangsung pada 1958. Mereka bermain sebagai band tamu untuk acara televisi di sana. Setelah itu, mereka mendapat banyak sekali panggilan untuk mengisi acara di sana, seperti di Mannheim pada awal tahun 1959, di Hotel Deutsches Teater Muenchen.

Seorang Belgia bernama RenĂ© ‘Nappie’ Vlasselaar menjadi manager profesional pertama mereka. Mereka ditawari untuk melakukan rekaman di label miliknya, Fernap. Dua lagu yang menjadi andalan Tielman bersaudara ini pada kasetnya yang pertama adalah Rock Little Baby Of Minei dan You’re Still The One. The Tielman Brothers sering diundang untuk mengisi acara pada televisi-televisi di Belanda, Belgia, dan Jerman.


Pada 23 Januari 1960 mereka tampil pada suatu acara TV di Belanda. Penampilan mereka yang membawakan Rollin Rock, menimbulkan “keheranan” penonton. Lagi-lagi, aksi akrobatik diperlihatkan. Loulou sang drummer, berputar pada drum-nya dan memukul-mukul drumnya dengan semangat luar biasa. Andy, memetik gitar dengan berguling-guling, memetik gitar di atas kepala, di belakang punggung, dan lehernya, memetiknya dengan kaki, serta melompat kemudian berdiri di atas bass Ponthon. Pothon memetik senar bass-nya dengan terlentang.



to be continued....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar